AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Jumat, 03 Maret 2017

SEL TELUR KECIL (PCO)

SEL TELUR KECIL (PCO)

google

Untuk ibu muda atau wanita post nikah yang belum kunjung hamil yang mungkin pernah cek ke dokter pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, sel telur kecil atau istilah medis nya Polycystic Ovary atau PCO

PCO adalah gangguan
keseimbangan hormonal pada wanita, yang mungkin belum diketahui secara umum. Kenali gejalanya, karena gangguan ini dapat menyebabkan wanita sulit hamil.

Setiap wanita yang menikah pasti sangat menginginkan kehadiran buah cinta dalam keluarga mereka, rasanya belum lengkap sebuah keluarga tanpa seorang anak. Lagipula, salah satu tujuan dari pernikahan itu sendiri adalah untuk memperoleh keturunan, keturunan yang cerdas dan beriman tentunya,

Kebanyakan dari keluarga baru menikah baru memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan gynekologi setelah merasa telat mendapatkan keturunan atau tidak kunjung hamil setelah setahun pernikahan tanpa kontrasepsi. Normalnya, pasangan yang menikah seharusnya langsung mendapat keturunan, walaupun itu kembali kepada keputusan Tuhan. Tapi usaha dari pasangan itu sendiri juga menentukan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang wanita sulit hamil. Tidak hanya dari wanita saja, penyebab sulit hamil dapat juga datang dari pihak pria. Namun, karena wanitalah yang memiliki organ kandungan, maka biasanya ia yang lebih dahulu diperiksa kesehatannya. Mungkin saja terdapat kemungkinan sang wanita mengidap PCO.

Penyebab pasti dari PCO belum diketahui hingga saat ini, tapi faktor pola makan dan gaya hidup kemungkinan termasuk salah satu pencetus terjadinya PCO. Gejala yang timbul dapat bervariasi dari tanpa gejala sama sekali sampai gejala seperti infertilitas, anovulasi kronik yang ditandai dengan amenorea, oligomenorea, gangguan haid atau perdarahan uterus disfungsional, jerawat, hirsutisme/maskulinisasi, obesitas. Gejala dan keparahan sindrom sangat bervariasi di antara wanita.

Pengobatan

google
Adanya PCOS tidak berarti tidak akan hamil. Tapi mungkin berarti bahwa Anda akan memerlukan bantuan untuk membuat Anda berovulasi dengan normal. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan

1.  Menurunkan resistensi insulin

Hal ini dapat diperoleh dengan  mengendalikan/menurunkan berat badan. Diet rendah karbohidrat, berolah raga secara teratur. Selain itu dapat juga dilakukan dengan pengobatan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dengan metformin dan thiazolidinedione (glitazones). Konsumsi metformin secara rutin akan menormalkan fungsi ovarium. Menstruasi akan normal dengan sendirinya dalam 1-2 bulan terapi.

2.   Menurunkan hormon androgen dan mengatur menstruasi.

Hormon androgen yang tinggi dapat diturunkan dengan mengkonsumi obat yang mengandung cyproteron asetat (ada pada pil kb tertentu). Pil kb juga dapat membantu menormalkan komposisi hormonal yang abnormal pada PCO. Setelah beberapa bulan pengobatan selanjutnya adalah dilakukan induksi ovulasi untuk merangsang pertumbuhan sel telur.

3.  Sindrom ovarium polikistik dan kesehatan jangka panjang

Ada beberapa masalah kesehatan jangka panjang terkait dengan PCOS. Wanita dengan PCOS punya kemungkinan lebih besar mengalami diabetes mellitus dikemudian hari. Mereka juga memiliki peningkatan risiko hipertensi dan penyakit jantung.  Wanita dengan PCOS juga memiliki peningkatan risiko kanker rahim.

Buat semua wanita penderita CPO jangan berkecil hati, semua penyakit diturunkan bersama obatnya, tetap berusaha dan berdoa. Semoga dalam waktu dekat diberi kesembuhan dan disegerakan momongan. Segera periksakan diri ke dokter spesialis untuk mendapatkan pengobatan sesegera mungkin.

Namun yang terpenting adalah, deteksi dini terhadap kesehatan organ kandungan, sehingga dapat dilakukan penanganan sesegera mungkin bila terdapat masalah. Penanganan dini pada PCO dapat mencegah infertilitas dan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.


Salam sehat @dariberbagaisumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar