AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Jumat, 17 Maret 2017

BERSIN DAN MANFAATNYA

Bersin dan Manfaatnya
Apa itu bersin?

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm.
Bersin merupakan aliran udara yang hebat melalui mulut dan hidung. Ini terjadi di luar kemauan. Biasanya bersin terjadi karena ada partikel pengganggu dalam hidung Anda. Ujung-ujung saraf di dalam hidung merangsang Anda bersin untuk menyingkirkan partikel-partikel tersebut.
Jadi bersin adalah proses alami yang terjadi tanpa kemauan pribadi.

Manfaat Bersin untuk Kesehatan

Besin Membesihkan Hidung
Besin Membesihkan Hidung

Bersin merupakan reaksi spontan tubuh untuk membersihkan lubang hidung dari benda-benda asing dengan cara hembusan angin yang kuat dari paru-paru keluar tubuh baik melalui hidung maupun mulut.

Bersin Merestart Tubuh

merestart tubuh

Pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara. Dan setelah kita selesai masa bersin tersebut, maka jantung kita akan berdetak dengan normal kembali

Bersin Mengeluarkan bakteri dan penyakit yang ada dalam tubuh
bersin mengeluarkan partikel asing dari tubuh

Seperti disebutkan diwal ketika seseorang bersin akan mengeluarkan sekitar 40.000 butir air yang didalamnya terdapat bakteri ataupun peyakit dari dalam tubuh.

Kebiasaan menahan bersin tidak baik untuk kesehatan.kebiasaan menahan bersin ini mungkin terjadi ketika seseorang berada berada ditempat umum,sedang dalam pertemuan penting atau dalam kondisi apa saja.dan kebiasaan menahan berin ini bertujuan untuk "jaim" atau "jaga image".bisa dimaklumi sih,tetapi kegiatan menahan bersin ini sangat tidak baik dan berbahaya untuk kesehatan.

Dr. Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics mengatakan"Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersih justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa risiko"
 
Dr. Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics
Michael Roizen juga menyebutkan ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin yaitu:
  1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  2. Mimisan
  3. Pecah gendang telinga
  4. Gangguan pendengaran
  5. Vertigo
  6. Retina yang terlepas atau mengalami emfisema. Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.

Selain hal itu ada yang menyebutkan bahwa bersin yang tertahan bisa mematikan ribuan sel otak.Walaupun otak kita memiliki triliunan sel otak tetap saja menahan bersin berbahaya untuk otak.

Jadi jangan pernah menahan bersin untuk menghindari beberapa risiko tersebut. Tapi jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain.

Tanggapan Bila Mendengar Seseorang Bersin

Di negara-negara berbahasa Inggris ada kebiasaan untuk setidak-tidaknya satu orang untuk mengatakan "God bless you" (Semoga Tuhan memberkati Anda) (atau hanya "Bless you" - Kiranya Anda diberkati) bila seseorang bersin. Tradisi ini berasal dari Abad Pertengahan, ketika diyakini bahwa ketika seseorang bersin, jantungnya berhenti berdenyut, jiwanya meninggalkan tubuhnya, dan dapat direnggut oleh roh jahat. Kini, kata-kata itu diucapkan hanya sekadar sopan-santun dan biasanya orang yang bersin kemudian menjawab "Thank you/Terima kasih".

Sedangkan dalam islam, yang merupakan agama yang telah menjelaskan adab berbagai hal sampai-sampai dalam hal yang kecil dan sederhana, semisal dalam hal bersin dan menguap. Ada adab yang Islam ajarkan dalam dua aktivitas tersebut. Adab yang Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam ajarkan ini telah dibuktikan ampuhnya oleh para dokter. Sungguh ini adalah mukjizat yang luar biasa.

Rasulullah Salallahu‘alaihi wa sallam menjelaskan bagaimana seseorang yang mendengar orang yang bersin dan memuji Allah agar membalas pujian tersebut. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,  beliau bersabda,

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Ababila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, “alhamdulillah” sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, “yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘yarhamukallah’ maka hendaknya dia berkata, “yahdikumullah wa yushlih baalakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033)

Subhanallah … Sungguh luar biasa mukjizat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang memerintahkan kita berbagai adab ketika bersin dan menguap. Amalkanlah adab bersin dan menguap seperti yang diperintahkan dalam berbagai hadits di atas sehingga kita pun bisa raih barokahnya. bayangkan seandainya tidak ada bersin, sudah berapa banyak kotoran, debu dan partikel asing yang tersimpan dalam tubuh kita yang akan berbahaya bagi tubuh kedepannya. mahabesar Allah yang telah memerintahkan kebaikan-kebaikan untuk kepentingan hamba-hambanya. SELANJUTNYA


Wallahu waliyyut taufiq.

Semoga Bermanfaat, Salam Sehat ✋☺

@dariberbagaisumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar