AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Senin, 13 Maret 2017

APA ITU ANALISIS SPERMA DAN BAGAIMANA CARA AGAR MEMILIKI SPERMA YANG SEHAT?

ANALISIS SPERMA
Pernikahan, selain bertujuan untuk menyatukan dua insan yang saling mencintai, tentu saja juga untuk melanjutkan keturunan yang sehat secara fisik dan mental. Sedangkan dalam era ini, banyak sekali kasus terlambat hamil yang disebabkan oleh barbagai faktor yang diketahui sampai yang tidak diketahui.
Penting bagi pasangan suami istri atau calon pasutri untuk mengetahui lebih awal keadaan kesuburan masing-masing, ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Sebutlah banyaknya kasus perselingkuhan dikarenakan pasangan tidak bisa memberikan keturunan, nikah lagi atau perceraian yang tak terselesaikan dengan cara yang baik.

Para wanita diwajibkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan rahimnya, karena Generasi yang sehat terlahir dari rahim yang sehat pula, melakukannya sejak dini adalah hal yang sangat dianjurkan sebelum semua telambat. Karena, jika dketahui kondisi kesehatan dan kesuburan lebih awal, tentu juga bisa dilakukan penanganan lebih awal.

Sedangkan untuk pria atau suami, pemeriksaan yang pertama kali dilakukan untuk menilai adanya masalah pada kesuburannya adalah dengan melakukan analisis sperma.

Pemeriksaan sperma dilakukan melalui bahan sperma yang dikeluarkan melalui jalan masturbasi ataupun melalui sanggama terputus. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan segera (paling lambat 1 jam setelah sperma dikeluarkan).

Syarat pemeriksaan sperma analisis:

ANALISIS SPERMA

  • Keadaan pria hari pemeriksaan hendaknya cukup sehat, tidak dalam keadaan lelah, lapar dan cukup beristirahat sebelumnya.
  • Sperma dikeluarkan setelah didahului oleh abstinensia seksual (tidak ejakulasi dengan cara apapun) selama 3 – 4 hari (rekomendasi WHO abstinensia 2 sampai 7 hari).
  • Sperma dikeluarkan secara mastrurbasi di Laboratorium, dan harus di tampung secara utuh.


Pada kondisi dimana pria tidak dapat mengeluarkan sperma di laboratorium, maka boleh yang bersangkutan dapat mengeluarkan di tempat lain, misalnya di rumah/hotel dekat dengan laboratorium dengan memperhatikan hal-hal berikut :

ANALISIS SPERMA

  • Masturbasi tidak diperkenankan memakai bahan pelicin seperti sabun, minyak dan lain-lainnya.
  • Wadah penampung harus terbuat dari gelas yang sudah dicuci bersih dan dibilas berulang-ulang untuk menghilangkan sisa sabun/ditergen yang di pakai. Botol sebaiknya bermulut lebar, mempunyai volume 20-50 ml. Sebaiknya wadah dalam keadaan steril dan sudah dipersiapkan oleh laboratorium pemeriksa.
  • Tidak diperkenankan menampung sperma kedalam kondom, karena kondom biasanya mengandung zat yang dapat membunuh sperma
  • Gelas penampung ditutup cukup dengan penutup atau dengan kertas
  • Sperma yang sudah tertampung segera diserahkan kepada petugas laboratorium dalam waktu setengah sampai satu jam.
  • Dalam perjalanan menuju laboratorium suhu sperma dipertahankan sekitar 25-35oC, misalnya dalam kantong pakaian yang dikenakan.
  • Pemeriksaan dengan melakukan senggama terputus boleh dilakukan asalkan dengan memperhatikan persyaratan/persiapan yang tersebut di atas.


Selain mengetahui keadaan kesehatan sperma anda atau pasangan anda, perlu juga untuk mengetahui perbedaan antara sperma sehat dan sperma yang tidak sehat, berikut penjelasannya :

Sperma Sehat

  1. Sperma yang diproduksi tubuh sangat berpengaruh terhadap asupan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Sperma yang sehat tentunya memiliki ciri-ciri yang dapat kita ketahui, seperti :
  2. Cairan sperma yang keluar saat ejakulasi pada pria yang normal jumlahnya sekitar 1-5 ml atau 1-2 sendok makan. Jika tidak maka dapat dikatakan sperma yang keluar mengalami kekeringan (hyphspermia).
  3. Sperma yang sehat berarna putih atau abu-abu, tetapi ada juga yang berwarna agak kekuningan. Namun, hal tersebu masih dikatakan sperma yang normal. Jika sperma yang keluar berwarna kemerahan, maka hal itu merupakan sebuah penyakit yang harus ditangani secara khusus.
  4. Dalam 1 ml sperma akan dapat menghasilkan 20 juta sperma. Jika anda ingin mengetahui jumlah sperma anda, datanglah ke dokter untuk diperiksa, Apaila anda memiliki jumlah sperma sekitar 20 juta sperma, maka anda sudah memiliki sperma yang sehat.
  5. Sperma yang keluar pada saat ejakulasi umumnya akan terasa lengket. Ciri ini harus dapat diperhatikan karena dapat menunjang kualitas sperma agar cepat mendapatkan keturuan.


Sperma tidak Sehat

  1. Sperma tidak sehat dapat disebabkan karena beberapa faktor misalnya seperti gaya hidup yang tidak sehat. Penting untuk anda kenali ciri-ciri dari sperma yang tidak sehat agar dapat segera diatasi. Sperma yang tidak sehat umumnya memiliki kriteria seperti :
  2. Sperma tidak sehat memiliki bentuk yang abnormal. Umumnya sperma terdiri dari kepala, tubuh dan ekor. Namun, pada sperma yang tidak sehat terjadi perubahan pada bentuk kepala yakni seperti terlalu besar atau tidak memiliki ekor. Hal ini akan dapat mempengaruhi pergerakan sperma menuju sel telur.
  3. Volume sperma yang tidak sehat dikeluarkan jumlahnya sedikit atau kurang dari 2-5 ml. Tetapi, volume yang berlebih juga dapat dianggap sebagai ciri sperma yang tidak sehat. Volume sperma yang sedikit biasanya ditemukan dalam kasus sperma kosong (azoospermia) atau sperma kurang (oligozoospermia).
  4. Sperma yang tidak sehat biasanya akan berbau busuk seperti aroma klorin. Jika pada saat sperma keluar anda mencium bau busuk, maka dapat dipastikan bahwa sperma tersebut tidak sehat. Hal ini dapat terjadi karena adanya infeksi pada bagian saluran keluarnya sperma sehingga mengakibatkan aroma sperma tersebut menjadi berbau yang tidak sedap.
  5. Sperma yang tidak sehat bukan hanya terlihat encer saja, namun serma yang terlalu kental juga daat menjadi ciri dari kualitas sperma yang tidak sehat. Sperma yang terlalu kental akan mengakibatkan sperma kesulitan bergerak untuk menuju sel telur.

 
SPERMA NORMAL & TIDAK NORMAL
Untuk memperbaiki kualitas kesuburan, seorang pria biasanya dianjurkan minum obat tertentu atau menjalani terapi-terapi khusus yang disarankan dokter.

Tapi, ada juga beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk memperbesar peluang mendapatkan seorang anak. Beberapa langkah ini dapat membantu memperbaiki kualitas kesuburan :

1. Redakan Stress Anda.
REDAKAN STRESS

Walaupun dokter belum tahu mengapa stres yang berlebihan dapat mengurangi hitungan sperma, mempraktikkan teknik-teknik meredakan stres seperti biofeedback atau relaksasi otot progresif bisa ada gunanya. Usahakan gairah Anda memuncak. Pria yang sangat terangsang ketika sedang bersanggama memancarkan semen lebih banyak dan menghasilkan sperma lebih kuat. Usahakan agar percumbuan atau foreplay Anda berlangsung sekurangnya 20 menit

2. Tambah Asupan Vitamin C Anda.
Tambah asupan Vit C

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sperma menggumpal, dan kasus ini mencapai 16 persen di antara semua pria yang mandul. Dan beberapa studi telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin C setiap hari ternyata meningkatkan kesuburan di kalangan pria perokok. Vitamin C adalah antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, semangka, strawberi dan sayuran seperti brokoli, tomat, dan kecambah adalah makanan yang kaya dengan vitamin C.

3. Atur Jadwal.
Atur jadwal berhubungan

Hindari hubungan intim selama dua hingga lima hari sebelum pasangan Anda menurut dugaan akan mengalami ovulasi. Ini akan meningkatkan hitungan sperma, dan persentase sperma sehat yang akan Anda pancarkan bisa lebih tinggi.

4. Jangan Berolahraga Berlebihan.
Jangan olahraga berlebihan

Orang yang berolahraga secara berlebihan bisa mengurangi hitungan sperma mereka karena suhu yang meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengerahkan tenaga. Dalam sebuah studi di AS, para peneliti menemukan bahwa para pelari yang berlatih lebih dari 90 kilometer per minggu mempunyai hitungan sperma lebih rendah dan sel-sel sperma kurang matang daripada pria berlari kurang dari 50 kilometer per minggu. Namun, latihan aerobik yang takarannya sedang seperti berjalan cepat atau berenang, tiga kali seminggu, masing-masing selama 20 menit, tidak akan mempengaruhi produksi sperma

5. Usahakan Memiliki Berat Badan Ideal
usahakan berat badan ideal

Apabila Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat beberapa kilogram mungkin meningkatkan kesuburan Anda. Apabila Anda kelebihan berat badan, jaringan lemak dapat membungkus testis Anda, menaikkan temperatur disitu dan membunuh sperma di dalamnya

6. Turunkan Suhu Mandi Sauna.
Sauna dengan suhu aman

Duduk di kamar mandi sauna atau bak air hangat, atau mandi air hangat biasa pada suhu lebih dari peratur tubuh untuk periode yang terlalu lama dapat menurunkan produksi sperma . Jangan menghabiskan waktu lebih dari 15 menit sehari di bak air hangat atau sauna, dan Uahakan agar suhunya tidak lebih dari 36,5 derajat celcius.

7. Cermati Antibiotika yang Anda Minum.
Cermati antibiotik yang di minum

Walaupun antibiotika bcgitu berperan dalam kemandulan, ada beberapa jenis yang bukti mempengaruhi mutu sperma dengan menurunkan hitungan sperma dan kelincahan gerak sperma, atau kemampuan "berenang" sperma. Yang tergolong kelompok ini adalah nitrofuran, contohnya nitrofurazone, dan macrolides, misalnya eritromisin.
8. Simpan Pelumas Anda.
Simpan Pelumas anda

Jeli atau bahan pelumas lain mungkin  hubungan intim lebih lancar, tetapi bahan ini dapat mengurangi kelincahan sperma, belum lagi kalau mengandung spermisida.

9. Berhenti Merokok.
Stop Merokok

Jika Anda merokok, peluang Anda untuk menjadi  seorang ayah terbang bersama asap rokok.  Merokok tampaknya mempunyai kaitan dengan lamban dan rendahnya hitungan-sperma dan selain itu, penelitian menemukan bahwa keguguran meningkat 64 persen apabila kedua pasangan merokok atau bahkan meskipun hanya sang pria yang merokok. Batasi minum alkohol. Alkohol berlebihan dapat menurunkan hitungan sperma.

1o. Hindari Nakoba.
Say NO to DRUGS

Pemakaian mariyuana dan obat-obat terlarang lain selama jangka panjang berakibat menurunnya hitungan sperma dan tidak normalnya pola perkembangan sperma.

11. Pakai Celana Bokser
Pakai Bokser



Walaupun mungkin tidak seefektif yang diyakini oleh sebagian orang, mengganti celana dalam ketat dengan celana bokser atau celana kolor mungkin dapat menaikkan hitungan sperma Anda, pasalnya testis Anda akan lebih sejuk.


Itulah ciri-ciri yang membedakan kualitas sperma sehat dengan sperma yang tidak sehat, serta cara untuk mengatasi permasalahan anda dari sprema yang kurang sehat. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh pria agar dapat memiliki sperma yang sehat salah satunya adalah selalu menerapkan pola hidup dari sekarang dan terapkan juga beberapa anjuran diatas. selain itu anda juga sudah tau apa yang harus anda lakukan untuk mengetahui kesehatan sperma anda, segeralah cek sebelum terlambat.

Untuk mengetahui pentingnya kesehatan sperma untuk mendapatkan kehamilan Klik disini

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui kualitas dari sperma anda. Selalu berusaha untuk memiliki kualitas sperma yang sehat, semoga anda dapat segera memiliki sperma yang sehat dan mendapatkan keturunan yang sehat jasmani dan rohani.

SEMOGA SEGERA HAMIL, AAMIIN

Sekian, thanks so much AND salam sehat ☺☺👌

@Dariberbagaisumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar