AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Minggu, 26 Maret 2017

INSEMINASI UNTUK MEMPEROLEH KETURUNAN


Setiap pasangan suami istri yang baru saja menikah pasti sangat menginginkan hadirnya buah cinta dalam rumah tangga mereka, apalagi pasangan yang sudah bertahun-tahun menikah yang masih belum diberikan kesempatan sempurna itu oleh Allah. Terkadang mungkin ada rasa sepi dan putus asa yang tiba-tiba datang menyelinap tanpa sengaja, terkadang lagi ada rasa ikhlas dan pasrah yang luar biasa, karena memang kita manusia hanya bisa berdoa dan berusaha, semua hasilnya diputuskan oleh sang maha pencipta.
Bagi pasangan yang sudah melakukan berbagai usaha, seperti minum obat, jamu atau konsultasi ke dokter atau bahkan ke alternatif lain. Mungkin inseminasi bisa jadi pilihan untuk dilakukan. Tentunya melalui prosedur yang tidak singkat, dan pastinya dengan biaya yang tidak sebesar program bayi tabung.


Jangan takut dan malu karena belum punya keturunan, tidak punya keturunan tidak selalu karena Allah tidak percaya, bisa jadi karena Allah sedang jatuh cinta, hanya menginginkan kita terus bersujud dan bercerita padanya disetiap waktu yang kita punya. Bahkan saat kita telah jatuh cinta pada seseorang, rasanya ingin menghabiskan semua waktu bersamanya. Nah, begitu jugalah ketika Allah sedang jatuh cinta, Dia ingin kita terus berbisik dibumi ini dan di dengar-Nya dilangit. Becerita sepanjang pertiga malam dan di waktu matahari beranjak petang. Memang indah ketika Allah sedang jatuh cinta, nikmatilah dengan tetap terus berusaha dan berdoa.

Dan, Jika ada yang bertanya “kenapa belum punya keturunan?” Jawabannya “Karena saya spesial di Allah”


Inseminasi


Inseminasi adalah teknik dalam dunia medis untuk membantu proses reproduksi dengan cara memasukan sperma yang telah disiapkan ke dalam rahim menggunakan kateter. Cara ini bertujuan membantu sperma menuju telur yang telah matang (ovulasi) sehingga terjadi pembuahan. Inseminasi itu pembuahan alami, jadi sperma kita ambil dari suami kemudian dibersihkan (preparasi) lalu dimasukan ke rahim istri dan sperma berjalan sendiri menuju indung telur sehingga pembuahan terjadi alami. Inseminasi adalah proses reproduksi dengan memasukkan sperma yang paling bagus kualitasnya ke dalam rahim. Untuk memilah sperma terbagus ini, tim laboratorium lah yang melakukan pemilahan.
 
INSEMINASI

Sperma dengan kualitas bagus, dilihat dari kuantitasnya, yaitu berkonsentrasi di atas 10 juta permililiter. Dari 10 juta permililiter tersebut dipreparasi untuk mendapatkan sperma yang benar-benar berkualitas sekurang-kurangnya satu juta permililiter. Sebelum dilakukan inseminasi, sel telur diberi obat terlebih dahulu untuk penyuburan. Setelah beberapa hari, ada cek USG untuk melihat apakah sel telur telah matang.  Jika sel telur sudah matang dan sperma terbaik sudah terpilih, inseminasi siap dilakukan.


Dalam prosesnya, sperma dimasukkan ke rahim menggunakan selang kecil melalui jalan lahir (vagina). Aksi sperma di dalam rahim inilah yang sulit dikontrol dalam menentukan hasil menjadi janin. Sebab, risiko yang dihadapi sang ibu yaitu kehamilan lebih dari satu dan kembar.  hal ini terjadi karena pemberian obat-obatan penyubur di sel telur yang reaksinya berlebihan daripada yang diharapkan. Misalnya kita berharap tiga-empat telur yang matang, ternyata berkembang menjadi 15-20 telur. Risiko lainnya, sang ibu mengalami gangguan sirkulasi darah, pernafasan susah atau sesak, dan kekurangan cairan di rongga paru-paru.




Empat sampai enam minggu sebelum jadwal inseminasi, calon ibu diminta minum pil hormonal untuk merangsang terjadinya ovulasi, yakni proses matang dan keluarnya sel telur. Pada hari-H, calon ayah diminta mengeluarkan sperma dengan cara masturbasi. Kemudian, sperma dicuci dan dipilih yang terbaik. Cairan yang berada di dalam sperma dibuang atau disisakan hanya sekitar 0,25 mililiter sebelum dimasukkan ke dalam rahim istri dengan bantuan kateter. Teknik ini disebut IUI (Intrauterine Insemination).

Cara ini cukup mudah, tidak sakit dan tidak begitu mahal dibanding program bayi tabung. Setelah selesai, pasien dianjurkan tidur telentang selama 10–15 menit untuk memberi kesempatan sperma mencapai sel telur. Setelah 17 hari, dilihat apakah terjadi pembuahan atau tidak. Kalau gagal, pasangan dianjurkan mengulang lagi sampai empat kali. Kalau tetap gagal, pasangan dianjurkan mengikuti program bayi tabung.
Program dan Prosedur  Inseminasi

Pertemuan konsultasi Pertama


Pada pertemuan konsultasi pertama dengan dokter biasanya dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan suami istri dan rencana mengikuti program kehamilan inseminasi.

USG transvaginal untuk melihat keadaan rahim, apakah ada kista, miom, dan sebagainya.
sebaiknya konsul pertama ini dalam keadaan haid H+2 ( artinya haid hari ke 2), agar dokter bisa lsg memberikan resep obat penyubur bagi istri.

Pada konsul pertama ini tidak dalam keadaan haid maka dokter akan menyarankan usg pada saat haid H+2

Biaya saat konsul pertama ini bila dalam keadaan tidak haid, yaitu rp. 810.000 dgn rincian sbb : 
- Administrasi RS   rp.   50.000, Pasien baru  rp.   35..000
- Usg transvaginal    rp.  175.000
- Biaya konsultasi  Rp.  250.000. 
- Resep obat vitamin untuk istri dan suami rp. 300.000


Pertemuan konsultasi Kedua 


USG & HSG

- Usg transvaginal untuk melihat kondisi rahim saat haid
disarankan untuk HSG bagi istri yang belum pernah HSG untuk mengecek tersumbat atau tidaknya saluran menuju tempat sel telur berada dan tes darah untuk melihat kuantitas progesteron istri

- Tes sperma untuk suami
jangan berhubungan intim sebelum HSG dan tes sperma
buat janji untuk jadwal HSG dan tes sperma dgn bagian petugas laboratorium
hasil HSG dan tes sperma diperlihatkan pada dokter pada pertemuan konsul ketiga
biaya saat konsul kedua dgn dokter yaitu rp. 475.000
pemeriksaan HSG di laboratorium

- HSG biasanya dilakukan pada H+9 dari haid pertama
langsung datang ke laboratorium dengan jadwal yang telah ditentukan saat buat janji sebelumnya dgn petugas laboratorium

- Jangan berhubungan intim sebelum HSG
mendapatkan hasil Hsg pada saat itu jg atau diambil esok hari sesuai prosedur laboratorium masing2.
biaya hsg kira2 rp. 500.000 – rp. 1.100.000 ( tergantung laboratorium dmn anda di periksa)
tes darah untuk cek progesteron di laboratorium
- biaya tes darah ini bila di prodia sekitar rp. 350.000
- hasilnya langsung diambil sore hari

TES SPERMA

Suami tes sperma misalnya di tes di prodia dgn jadwal yang telah ditentukan saat buat janji sebelumnya

sebelum di tes sperma disarankan jangan berhubungan intim 4 hari atau lima hari sebelum tes agar kualitas sperma baik, tetapi kalau kurang dari 3 hari atau lebih 5 hari maka sperma dalam keadaan tidak baik jadi tidak akan mendapatkan hasil yang sempurna.

biasanya disediakan kamar khusus atau privat yang dilengkapi fasilitas lain bagi suami untuk mengeluarkan sperma secara masturbasi dan sperma tsbt ditempatkan dalam cawan yang disediakan.
biaya tes sperma di prodia rp. 230.000
hasilnya biasanya diambil sore hari klik disini


Pertemuan konsultasi Ketiga


konsul ketiga menemui dokter untuk memperlihatkan hasil HSG, tes darah, dan tes sperma
apabila hasil HSG, tes darah, dan tes sperma bagus maka persiapan proses inseminasi mulai dijadwalkan sesuai intruksi dokter

usg transvaginal untuk melihat kondisi ovarium
apabila saat konsul ketiga ini dalam keadaan haid H+2 maka dokter akan memberi resep obat penyubur untuk istri yang dikonsumsi slm 5 hari kedepan
disarankan konsul pada H+8 untuk usg melihat kematangan sel telur
biaya konsul +resep pada konsul ketiga rp. 755.000.-

Pertemuan Konsultasi Keempat


konsul keempat pada saat H+8 sesuai yang diintruksikan dokter pada saat konsul sebelumnya
usg tranvaginal untuk melihat kematangan sel telur

apabila sel telur belum matang maka akan diberikan resep penyubur lg 2 hari berikutnya dan disarankan H+10 konsul lagi untuk mengecek kematangan sel telur

tetapi apabila pada saat konsul keempat ini sel telur sudah matang dan sempurna untuk proses inseminasi maka dokter akan memberikan jadwal suntikan penyubur 3 hari ke depan sesuai jadwal yang ditentukan. apabila suntik penyubur ini memerlukan bantuan suster dan jam suntiknya malam minta di rekomendasikan untuk suntik di rumah sakit terdekat dgn rumah apabila rumahsakit atau dokter langganan nya berada jauh dr rumah pasien atau minta pelayanan suntik di rumah dan pasti akan menambah biaya lagi tapi mempermudah pasien.

disarankan konsul lagi pada H+11 dari haid pertama dan telah selesai 3 kali suntikan penyubur selama 3 hari.

biaya konsul+usg+resep suntikan penyubur untuk 3 hari = rp. 2.500.000


Pertemuan Konsultasi Kelima 


konsul kelima pada saat H+11 setelah 3 hari suntik penyubur
usg transvaginal untuk melihat kematangan sel telur dan besarnya ukuran sel telur, apabila sel telur matang dan ukurannya optimal maka siap untuk pemecahan sel telur nya
dijadwalkan suntik untuk pecahin sel telur yang dilakukan pada jam yang ditentukan dokter yaitu 36 jam sblm proses inseminasi.

bila jam suntiknya malam maka minta direkomendasikan di suntik di rs terdekat dengan rumah atau  minta suster datang ke rumah.

disarankan datang ke rs untuk proses inseminasi pada H+13 setelah suntik pemecahan sel telur
disarankan suami juga datang pada H+13 dua jam sebelum proses inseminasi untuk menyerahkan sperma secara masturbasi. sperma akan dicuci dilaboratorium dan dipilih yang terbaik untuk ditanam di rahim istri saat proses inseminasi.

biaya konsul+usg+resep suntik pemecah sel telur 1 kali = rp. 1.300.000


Pertemuan Konsultasi Keenam


konsul keenam pada H+13 untuk proses inseminasi
suami menyerahkan cairan spermanya secara masturbasi 2 jam belum proses inseminasi. sperma ini akan dicuci dan dipilih yang terbaik untuk ditanam di rahim istri saat proses inseminasi
apabila cairan sperma sudah dicuci dan siap ditanam maka istri langsung berbaring di kasur dengan kondisi menahan air kencing 1 jam sebelumnya dan proses inseminasi pun langsung dilakukan oleh dokter

setelah proses inseminasi istri harus berbaring dulu min.15 menit sblm berdiri untuk mengoptimalkan cairan spermanya tidak keluar lagi.

dijadwalkan 2 kali suntik penguat kandungan sesuai tgl yg ditentukan dokter dan pada jam suntik bebas tapi pada jam yg sama saat 2 kali suntikannya. suntik penguat kandungan ini berfungsi agar bila terjadi pembuahan akan sll nempel kuat di dinding rahim dan menghindari terjadinya keguguran.
minta rekomendasi penyuntikan penguat kandungan ini di rs terdekat dgn rumah atau memanggil suster ke rumah.

disarankan cek tes urin 16 hari setelah proses inseminasi bila pada saat itu tidak haid
biaya : proses inseminasi + cuci sperma rp.2.000.000
resep penguat kandungan+vitamin rp. 1.500.000
resep 2 kali suntikan penguat kandungan rp. 520.000

apabila 16 hari setelah proses inseminasi di cek tes kehamilan positif hamil berarti proses inseminasinya berhasil dan anda bisa melanjutkan konsul k dokter langganan anda untuk perkembangan kehamilannya atau bisa melanjutkan konsul perkembangan kehamilan tiap bulan sampai melahirkan ke dokter yg terdekat dgn rumah pasien.

apabila ternyata hasilnya tidak positif hamil maka anda bisa mengulangi proses inseminasi atau ikut program bayi tabung atau bersabar menanti kehamilan secara alami. Next

Jangan bersedih, teruslah berusaha dan berdoa, tidak ada usaha yang mengecewakan hasil. In sya allah ada jalan ☺💓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar