AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Jumat, 17 Maret 2017

KENAPA MATA KITA BERKEDIP? INI JAWABANNYA

kenapa mata kita berkedip?
Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran vital bagi kehidupan manusia.Peran mata sangat besar sekali bagi kehidupan manusia. Tanpa mata, secara logika, tidak akan tercipta listrik, mobil, motor, dan alat tehnologi yang lain. Tetapi begitu besarnya peran mata, kita mungkin selama ini tidak mengetahui bahkan menganggap remeh dari kerja berkedip dari mata. Padahal itulah upaya terbesar dari organ mata itu sendiri agar supaya fungsinya bisa terus berjalan.
Mata berkedip merupakan sebuah aktivitas besar yang jarang kita ketahui fungsinya. Seringkali kita menganggap remeh aktivitas mata yang satu ini, namun sebenarnya inilah upaya terbesar dari organ mata itu sendiri agar terus bisa menjalankan fungsinya Mata kita berkedip berfungsi untuk meratakan air mata ke seluruh bagian mata. Air mata ini kaya akan oksigen yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita. Selain itu, air mata juga berguna untuk menghalau kotoran yang ada di bola mata, terutama pada bagian kornea mata.
pentingnya mata berkedip

Kenapa mata kita harus terus berkedip?

Jawaban singkatnya adalah, hal tersebut berfungsi untuk meratakan air mata yang kaya oksigen ke seluruh permukaan mata.

Setiap hari Anda berkedip sebanyak kira-kira 15.000 kali. Tanpa Anda sadari, setelah membaca tulisan ini, Anda telah berkedip beberapa kali. Kemungkinan besar Anda tidak pernah menyadarinya dan Anda terus-menerus melakukannya.

Untuk apa?

Tentu saja untuk menghalau kotoran yang ada di bola mata terutama bagian kornea (lapisan terluar pada mata bagian depan). Selain itu, bagian ini akan mengalami iritasi apabila kering. Kalau tidak percaya, coba saja tahan kelopak mata kamu agar tetap terbuka selama beberapa menit, terasa pedih bukan?

Mengapa mata Anda berkedip begitu sering dalam sehari?

Tujuannya untuk melindungi kedua bola mata Anda. Dalam prosesnya, Anda mungkin juga telah memberi petunjuk-petunjuk tanpa Anda sengaja mengenai cara kerja otak Anda.
Kedipan rutin tujuannya agar air mata membasahi permukaan mata yang mengering. Dengan satu atau dua kali berkedip per menit seharusnya sudah cukup untuk melakukan pekerjaan mencuci dan memoles mata.

Untuk lebih rincinya inila beberapa Manfaat berkedip yang dilakukan oleh mata diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berkedip adalah upaya yang dilakukan oleh mata untuk menjaga kelembaban yaitu dengan cara membasahkannya dengan air mata pada permukaan bola mata, terutama pada bagian kornea. Bagian kornea pada mata akan mudah mengalami iritasi apabila dibiarkan pada kondisi kering.
    menjaga kelembaban mata
  2. Berkedip sebagai bentuk refleks untuk mencegah masuknya berbagai bentuk benda asing ke dalam mata. Berbagai kotoran, debu, atau mungkin binatang kecil yang masuk ke mata Kamu akan dengan mudah tedeteksi dengan terjadinya kedipan mata. Keberadaan bulu mata juga akan membantu proses berkedip, orang yang memiliki bulu mata sedikit atau pendek cenderung akan lebih mudah terkontaminasi oleh kotoran atau debu. Bulu mata yang panjang biasanya akan lebih membantu melindungi mata.
    menjaga mata dari benda asing
  3. Berkedip merupakan bentuk respon atas berbagai peristiwa yang terjadi. Kedipan mata merupakan salah satu bagian dari bahasa tubuh yang memiliki banyak arti. Kedipan mata yang terlalu banyak bisa memiliki arti bahwa seseorang sedang menyimpan kebohongan, grogi, dan sebagainya. Orang-orang seperti ini biasanya akan melakukan kedipan mata dengan jumlah kedipan yang lebih banyak
    mata adalah cerminan hati
  4. Manfaat berkedip yang lain adalah untuk menambah nilai estetika wajah dan penampilan Kamu. Bayangkan apa jadinya jika mata Kamu tidak berkedip, maka bisa jadi Kamu adalah sosok tanpa ekspresi yang mengerikan.
    manfaat mata bekedip secara estetika

Beberapa manfaat kedipan mata di atas tentunya akan membuat Kamu semakin menyadari bagaimana pentingnya menjaga kesehatan mata yang dapat ditempuh dengan mengkonsumsi sumber-sumber vitamin yang mendukung, serta tidak melakukan berbagai kegiatan yang memicu kerusakan pada mata

Penyebab Mata Berkedip tak Normal:

1. Tekanan
eye twiching

 Ketika tubuh kita dalam keadaan tidak stabil, reaksi tubuh akan berbeda-beda, salah satunya adalah dengan eye twiching, terutama berkaitan dengan ketegangan mata. mengurangkan puncak tekanan tersebut berupaya mengurangi eye twiching

2. Kelesuan
kelesuan
Kekurangan tidur, atau dikarenakan oleh sebab lain juga mampu membuat ketegangan pada kelopak mata. tidur yang cukup dapat mengurangi masalah kejang kelopak mata.

3. Ketegangan Mata
ketegangan mata
Berhubungan dengan tekanan pada penglihatan mata terutama kemampuan mata yang sudah berubah dan memerlukan kaca mata baru untuk pengganti. biasanya mata kita akan bekerja lebih keras dalam keadaan tertekan dan menyebabkan eye twiching. oleh karna itu, anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan ulang untuk mendapatkan kaca mata baru yang sesuai dengan keadaan mata anda sekarang. jika anda pekerja yang mengahruskan anda bekerja dihadpan komouter maka anda disarankan untuk memakai kacamat khusus untk penggna komputer.

4. Kafein dan Alkohol
caffein dan alcohol
Kebanyakan pakar mengatakan kalau mengkonsumsi kafein atau alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kedipan mata. disarankan bagi anda pengguna kafein dan alkohol untuk menguranginya dari sekarang.

5. Kekeringan Mata
mata kering
Lebih dari separuh lansia memiliki masalah mata kering. selain itu, masalah mata kering juga banyak terjadi pada pengguna komputer jangka panjang, pengguna obat (Antihistamin, antidepressant, dll) dan pengguna kontak lense. anda yang mempunyai masalah harus lebih aktif menggunakan beberapa therapy yang tepat untuk mengurangi masalah tersebut, seperti berkonsultasi dengan Dokter spesialis mata.

6. Ketidakseimbangan Nutrisi
ketidakseimbangan nutrisi
Beberapa laporan mengatakan kekurangan nutrisi seperti magnesium akan menyebabkan masalah mata berkedip. Walaubagaimanapun laporan-laporan tersebut tidak dibuktikan secara saintifik. Oleh karena itu, sebelum anda mengkonsumsi sembarang makanan tambahan atau vitamin, akan lebih baik kalau dikonsultasikan dengan ahlinya terlebih dahulu.

7. Alergi
allergi
Mereka yang mempunyai masalah alergi akan mengalami simptom seperti gatal, bengkak dan mata berair. Jika mata tersebut digosok, akan menyebabkan pembebasan histamin pada tisu dan air mata. Histamin bisa mengakibatkan eye twitching.  Untuk menyelasaikan masalah ini, obat tetes mata atau tablet antihistamin bisa digunakan untuk mengurangkan mata berkedip.Walau bagaimanapun penggunaan antihistamin akan menyebabkan  mata kering. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter spesialis sebelum menggunakan antihistamin.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa Allah menciptakan mata dan beserta alasan kenapa mata itu harus berkedip. Gak kebayangkan kalau mata kita tidak berkekdip sama sekali, kita akan saling plototan satu sama lain, secara estetika saja sudak sangat buruk, apalagi secara kesehatan.

Baik, semoga artikel ini bermanfaat. Salam sehat 👀☺

GALAU? KLIK DISINI

@dariberbagaisumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar