AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Sabtu, 18 Maret 2017

CARA MENYELAMATKAN DIRI SAAT LIFT TERJATUH


Artikel ini saya muat karena adanya (lagi) kasus kejatuhan lift, kali ini di Blok M yang melukai 25 korban pengguna lift. 25 korban, sepertinya ini muatan yang sangat berlebihan untuk muatan sebuah lift. Ingat, keselamatan jauh lebih penting. Namun, jika hal itu harus tetap terjadi, inilah beberapa hal yang dapat dilakukan :
Musibah terkadang memang sulit untuk dihindari, tapi bagaimana caranya survival dalam keadaan tersebut. yang paling penting adalah "DON'T PANIC" and DO THIS :

  1. Posisi terbaik saat lift terjatuh dan kita berada didalamnya adalah posisi berbaring tepat ditengah-tengah lift sehingga daya yang timbul akibat tumbukan akan terdistribusi merata pada tubuh. Dengan posisi demikian penumpang memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dapat selamat
  2. Tekan semua tombl lift, mulai dari tingkat paling dasar sampai tingkat/lantai tertinggi, hingga semua lampu tombol menyala. Karena, jika semua lampu tombol sudah menyala, berarti telah "Mengaktifkan Rem Magnet/Elektrik" yang ada di setiap pintu lantai lift tersebut.
  3. Menempel didinding lift dengan lutut ditekuk dan kaki jinjit, tangan memegang rel dipinggir lift jika ada. Posisi yang demikian menurutnya memiliki peluang lebih tinggi untuk selamat karena mengurangi resiko tekanan yang berlebih disatu titik pada itubuh saat tumbukan terjadi

  4. Jika di dalam lift terdapat banyak orang dan tidak memungkinkan kamu untuk berbaring di lantai, posisi terbaik adalah duduk. Dalam posisi duduk beban pada tulang kamu akan lebih berkurang dibandingkan ketika kamu dalam posisi berdiri.


Menghindari tentu akan lebih baik dari pada bertahan karena telah terlanjur terjadi, menghindari atau waspada diawal tentu akan memperkecil keparahan yang akan terjadi saat kecelakaan lift. Nah, inilah beberapa hal yang harus dihindari saat menggunakan lift :

1. Sebelum masuk lift pastikan tidak overloud

Setiap orang yang berada dalam gedung yang tinggi bisa dipastikan mereka akan lebih memilih naik lift ketimbang naik tangga, karena akan sangat melelahkan. Namun, penting untuk diperhatikan saat naik lift adalah jumlah muatan yang ada didalam lift. Jika sudah telalu banyak apalagi sampai melebihi muatan yang disarankan, sebaiknya anda menunggu giliran berikutnya.

2. Perhatikan Alarm tanda overloud

Saat naik lift yang kelebihan muatan, maka alarm akan otomatis berbunyi sebagai tanda peringatan overloud, dan biasanya pintupun tidak akan tertutup dengan sempurna. Dalam keadaan seperti ini jangan memaksakan diri untuk tetap masuk. Ingat, keselamatan jauh lebih penting.

3. Jangan Berdiri Tegak 


Jika anda sudah berada didalam lift dan kejatuhan lift terjadi ini juga ide buruk, karena bobot tubuh sepuluh kali lebih besar saat kamu berdiri dibandingkan dengan berat kamu akan bertumpu pada kaki saat terjatuh. Hal tersebut bisa berdampak pada cedera fatal.

4. Jangan Pernah Melompat di dalam Lift yang sedang jatuh

Melompat dalam sebuah lift yang sedang terjatuh sangat sulit. Kedua, lompatan kamu akan mengurangi kecepatan jatuh disaat yang bersamaan, dan hal tersebut adalah kabar buruk bagi sebagian besar orang.


KECELAKAAN LIFT YANG PERNAH TERJADI DI INDONESIA

2 orang pengguna lift BRI II mengalami luka-luka

20 Januari 2017 - Dua orang mengalami luka-luka akibat anjloknya salah satu lift di Gedung BRI II, Jalan Jendral Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, siang tadi.
Salah satu dari dua orang tersebut, Kirno (31), mengalami luka di bagian kepala dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohadrjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

3 orang pengguna lift di Gedung Hijau, 1 meninggal, 2 luka-luka

10 Desember 2015 - Suara dentuman dan getaran kencang mengagetkan karyawan yang bekerja di kompleks perkantoran Arcadia. Sebuah lift di Tower B Gedung Nestle jatuh dan menelan korban jiwa.

"Kami menyayangkan ada insiden ini, tadi pagi lift penumpang di gedung kami jatuh. Ada 3 orang di dalamnya. Dua karyawan Nestle dan 1 kontraktor kami dibawa ke rumah sakit terdekat. Berita duka 2 karyawan kami meninggal dunia," ujar Vice President Head of Corporate Communication PT Nestle Indonesia Nur Shila Chirstianto, 

Lift Apartemen Kemayoran Anjlok, 9 Penghuni Patah Tulang

30 September 2015 - Lift Apartemen Taman Kemayoran Condominium terjun bebas dari lantai 6 ke lantai dasar. Akibatnya, 9 penghuni apartemen yang merupakan warga Indonesia keturunan India, menderita patah tulang dan dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran.

Polres Metro Jakarta Pusat yang menangani kasus ini belum menetapkan siapapun sebagai orang yang bertanggung jawab atas kecelakaan ini. Polisi masih mengusut penyebab lift anjlok, apakah karena termakan usia atau penggunaan yang tak sesuai petunjuk, yaitu kelebihan muatan

Balita dan 11 Orang Dewasa Terjebak Lift Museum Surabaya

24 Mei 2015 - Seorang balita dan 11 orang dewasa terjebak di lift selama 30 menit di Gedung Siola yang dijadikan sebagai Museum Surabaya di Jalan Tunjungan. Namun, semua korban selamat karena kesigapan tim Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Jawa Timur.

Salah seorang korban, Buyung menuturkan, mereka sebelumnya masuk dari lantai 3 tempat parkir kendaraan "Kita mau turun lihat Festival Surabaya Kuliner, ada yang mau berkunjung ke Museum Surabaya. Pas masuk lift naik ke lantai 5 dulu. Nah, posisi dari lantai 4 menuju lantai 5 itulah baru liftnya macet," ucap dia di lokasi

Lift blok M jatuh karena overload dan mencidrai 25 orang pengguna lift

17 Maret 2017 - Kecelakaan lift jatuh terjadi di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan. Lift yang mengangkut banyak orang itu jatuh ke lantai dasar dari lantai 7.

"Betul, Mas, ada kejadian lift jatuh, tapi detailnya saya tidak bisa katakan," ujar seorang petugas operator Blok M Square

Nah, setelah mengetahui beberapa kecelakaan lift yang pernah terjadi di indonesia, semoga kedepannya lebih berhati-hati saat naik lift. mempersiapkan diri dan mental agar tidak panik dan agar dapat melakukan survival dengan baik seandainya sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. LANJUT

@dariberbagaisumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar