AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Jumat, 07 April 2017

SUAMI SOLEH CALON PENGHUNI SURGA


Pasangan yang tepat untuk istri yang solehah tentu saja suami yang solehah, meskipun kita tidak bisa terlalu berharap kalau pasangan kita adalah pasangan yang soleh dan solehah. Namun dalam alquran telah dijelaskan kalau wanita yang baik pasti untuk laki-laki yang baik pula.



اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ.

Artinya : “Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik” (Qs. An Nur : 26)

Namun, ada yang bertanya “Saya sudah baik, tapi kenapa saya mendapatkan jodoh yang tidak baik?"

Ini juga pertanyaan yang pernah saya pertanyakan sendiri. Tapi, Jika kita menilai sesuatu itu baik-buruk tentu saja berdasarkan kepada ajaran agama. Karena tidak logis jika kita menilai sesuatu itu baik/buruk hanya berdasarkan pemikiran sendiri. Karena baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah swt, dan sebaliknya. 

Baiklah, sekarang kita akan bahas seperti apa laki-laki atau suami yang baik itu, berikut :

Suami yang selalu ingat Sama Allah dimanapun berada



Semua kegiatan dalam kehidupannya dilakukan dengan sepenuh hati dan penuh kejujuran untuk mendapat ridha Allah swt. Seperti menyayangi istri, menafkasi keluarga, menghormati orang tua dan keluarga, serta hidup dan matinya, Semua semata-mata karena Allah.

“Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi ALLAH tuhan semesta alam” (QS. Al-An’aam (6):162).

Mampu mengendalikan hawa nafsu dan tidak pernah menjerumuskan Kamu ke hal yang tidak baik


Pria dengan ciri seperti ini akan sangat bijak dalam memutuskan sesuatu hal yang penting. Dia selalu memikirkan dulu apapun yang terbaik untukmu, tidak akan membiarkanmu terjerumus apalagi sampai dengan sengaja menjerumuskanmu ke dalam kemaksiatan. Dialah laki-laki yang akan selalu menjadi ksatria kehidupan untuk mencapai surga bagimu.

“Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Hakim)

Pria Soleh berakhlak Mulia dan selalu menghindari perbuatan dan perkataan yang kotor


Akhlak yang mulia bisa mencegah seseorang dari perkataan dan perbuatan yang tidak menyenangkan, selain itu orang yang memiliki akhlak mulia cenderung selalu menjaga hubungan dengan baik terhadap seseorang maupun kepada sang Penciptanya.

“Yang paling sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada istri-istrinya.” (HR. Turmudzi)

Tidak akan menyia-nyiakan waktu dan selalu menepati janji



Dia tidak akan membuang-buang waktunya selama hidup, selalu memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat, bahkan cenderunng selalu menepati janjinya terhadap siapapun. Waktu itu sangat penting dalam islam sehingga Rasulullah sendiri pernah menyinggunggya

“hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin.”

Selalu menundukan pandangan dari perempuan yang bukan istrinya


Akan selalu menundukkan pandangannya saat melihat wanita yang bukan muhrimnya, selain karena keimanan, hal ini untuk mencegah diri agar terhindar dari hawa nafsu. Hawa nafsu adalah senjatanya setan, jarang sekali manusia yang bisa terlepas dari peluru yang ini, namu keimanan mampu menahan dan membuatnya terhindar dari kemaksiatan. Dan pria soleh adalah dia yang menyadari kalau istrinya adalah pakaiannya, jadi tidak ada tempat bagi wanita lain dalam pandangannya apalagi hatinya.

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (Q.S An-Nur ayat 30)

Pria soleh itu bisa bermanfaat untuk keluarga dan orang lain



Pria muslim sejati selain bermanfaat untuk keluarganya maka dia juga bisa bermanfaat buat orang lain, yang dimaksud bermanfaat disini tentunya manfaat yang baik dimanapun Dia berada, sehingga Pria ini akan selalu berfikir bagaimana cara membantu orang lain yang sedang kesusahan dan meringankan beban Masyarakat yang sedang kesulitan.

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Qudhy dari Jabir)

Pria Sholeh Selalu Lembut Perangainya


Dengan perilaku lemah lembut kepada wanita maka keharmonisan yang nantinya akan dijalin melalui suatu ikatan pernikahan akan harmonis. Sehingga keharmonisan membina rumah tangga yang diinginkan dapat tercapai.

Sebagiamana Rasululullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya kelembutan menyertai sesuatu maka dia akan menghiasinya dan tidaklah kelembutan itu dicabut dari sesuatu, melainkan akan semakin memperburuknya. (HR. Muslim) Next

@pic by google searching


Tidak ada komentar:

Posting Komentar