AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Senin, 03 April 2017

"MENGGUNAKAN PONSEL DISAAT PETIR ITU BAHAYA!!" BENARKAH?


Mungkin ada diantara kita yang masih belum tau kenapa petir itu terjadi, terutama disaat akan turun hujan atau disaat hujan. Nah, bagi yang belum tau, artikel ini akan menjelaskan sedikit tentang proses terjadinya petir serta mitos tentang bahaya menggunakan ponsel disaat adanya petir.
Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Petir merupakan gejala alam yang bisa kita analogikan dengan sebuah kondensator raksasa, di mana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud), di mana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Proses Terjadinya Petir



Untuk pemahaman yang lebih mudah tentang terjadinya petir, kita memakai analogi sebuah kapasitor besar, yang dimana lempengan pertama yaitu awan, lempengan ini bisa negatif ataupun positif dan lempengan kedua yaitu bumi yang mempunyai sifat netral. Seperti yang sudah kita ketahui, kapasitor merupakan sebuah elemen negatif di dalam hubungan listrik yang dapat menyimpan daya sejenak atau bisa disebut energy storage. Seperti juga petir, dimana terdapat awan yang bermuatan negatif dan positif.

proses terjadinya petirProses terjadinya muatan di dalam awan, karena awan berjalan secara teratur, dan selama perjalanannya dia akan berhubungan dengan awan-awan lainnya yang mengakibatkan berkumpulnya muatan negatif di salah satu sisi, entah itu di atas atau di bawah. Sedangkan muatan positif berkumpul di sisi lainnya. Apabila perbedaan potensial diantara awan dan bumi besar, akan mengakibatkan terjadinya pembuangan muatan negatif atau disebut elektron.
Dalam proses pembuangan ini, udara merupakan media yang akan dilalui elektron. Apabila pada saat muatan elektron dapat menembus batas isolasi udara inilah menjadikan suara ledakan atau guntur. Kenapa terjadinya Petir lebih sering terjadi di musim penghujan? Karena pada saat musim penghujan, udara mengandung lebih banyak kadar air yang tinggi, yang mengakibatkan daya isolasi udara turun dan arus lebih gampang melewati.


Benarkah Main Handphone Ketika Ada Petir Berbahaya?




Hingga saat ini masih di jumpai pendapat yang berbeda, satu pendapat membenarkan dan pendapat lainnya tidak membenarkan statement tersebut. Beberapa statement berikut menyatakan bahwa main ponsel ketika ada petir tidak berbahaya.

Seorang dokter asal Inggris menyatakan bahwa main ponsel saat terjadi badai petir itu aman – aman saja. Terlepas dari hal tersebut, ketika seseorang tersambar petir maka arus listrik bisa mengalir di luar dan di dalam tubuh orang tersebut.

Namun benda – benda yang bisa menghantarkan listrik seperti logam dan cairan dapat menyalurkan listrik masuk ke dalam tubuh. Sehingga jika seseorang tersambar petir saat menggunakan ponsel, hal tersebut mungkin dapat memperparah dampak sengatan. Mengingat penggunaan handsfree ponsel seperti contoh kasus di atas mengandung materi konduktif.

Akan tetapi dari penjelasan tersebut, dampak yang di berikan lebih kepada ketika petir sudah menyambar. Bukan karena penggunaan ponsel yang menyebabkan kenapa petir menyambar seseorang.


Jurnal lembaga cuaca Amerika Serikat NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) menyatakan bahwa menggunakan telepon seluler saat petir terjadi aman – aman saja. Alasannya adalah karena tidak ada hubungannya sama sekali antara pengguna ponsel dengan petir.

Namun lanjut keterangan dari NOAA, menyarankan pengguna menggunakan telepon kabel saat badai petir terjadi. Pasalnya telepon kabel seperti telepon rumah dapat menghantarkan listrik petir menyambar.

Kendati beberapa pihak menyatakan aman, kita tidak bisa mengabaikan sepenuhnya resiko sambaran petir. Jadi kita perlu tetap waspada dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti mencari tempat belindung saat petir terjadi, mematikkan benda elektronik terutama yang terhubung dengan antena atau pemancar.


Jika memungkinkan pun batas aktivitas di luar ruangan, tunda lah beberapa saat hingga hujan dan petir reda. Hindari juga berada di dekat benda – benda logam ketika petir terjadi. Dengan demikian kita bisa terhindar dari segala resiko buruk yang mungkin terjadi. Next

KASUS ORANG TERSAMBAR PETIR : KLIK DISINI

Kasus orang tersambar petir saat main ponsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar