AKU RELA DIPENJARA ASALKAN BERSAMA BUKU, KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS "MOHAMMAD HATTA"

Senin, 03 April 2017

CARA MENGOBATI INSOMNIA


Ngantuk? Tapi gak bisa tidur? Udah hampir pagi tapi masih melek? Saat pagi badan jadi lemas dan tidak bersemangat? Badan jadi panas dan malas berpikir? Bawaannya marah dan ingin tidur siang? Tapi tetap tidak bisa tidur?

Selamat “ANDA INSOMNIA”
Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan.

Penderita insomnia akan mengalami kesulitan untuk tidur, dan kondisi fisik yang semakin lemah, tingkat stress tinggi, hal tersebut berkaitan dengan kurangnya istirahat sehingga organ tubuh berfungsi tidak semestinya. Penyakit insomnia dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, hal ini sangat berbahaya karena memungkinkan berbagai penyakit menyerang anda.

Secara umum, penyakit insomnia ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:


  • Tangan berkeringat
  • Kembung dan nyeri pada perut
  • Cepat marah
  • Kelelahan yang berlebihan
  • Sulit mengingat, konsentrasi, atau membuat keputusan
  • Perubahan waktu dan pola tidur
  • Sakit kepala, nyeri leher, dan pegal pada punggung
  • Napas tersengal-sengal dan detak jantung tidak stabil

Ketika seseorang didapati menderita gangguan susah tidur atau insomnia, diharapkan untuk segera mendapatkan perawatan medis yang memadai untuk mencegah penyakit tersebut berlarutan. Mintalah saran dari dokter tentang apa saja kiat-kiat yang perlu dilakukan untuk menyembuhkan penyakit insomnia terkait kebiasaan sehari-hari dan pola hidup yang sehat.

Tips Menghilangkan Insomnia:


  1. Sebelum jam tidur, tenangkan pikiran dan jiwa dengan suasana nyaman dan hening, Anda harus rileks.
  2. Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda tetap terjaga seperti teh,kopi,alkohol dan rokok.
  3. Jaga kebersihan kamar dan tempat tidur. Kebersihan juga sangat berpengaruh pada insomnia, jadi sebaiknya bersihkan kamar dan tempat tidur secara teratur.
  4. Kontrol cahaya diruangan tidur. Cahaya yang terlalu terang dipercaya bisa membuat mata tetap terjaga. Sebaiknya, dengan menggunakan lampu tidur dengan tingkat cahaya yang lebih redup, akan memacu anda untuk segera tidur.
  5. Dengarkan musik tenang. Relaksasi ini akan membuat tubuh anda lebih tenang dan rileks. Anda bisa menyetel volume musik senyaman mungkin. Anda bisa mencoba mendengar musik instrumen.
  6. Mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat kandungan karbohidrat yang lebih tinggi atau segelas susu hangat. Tentu, pilihan ini akan menambah berat badan anda.
  7. Makan kacang. Dalam kacang, terdapat zat triptofan. Jika zat ini mengalir dalam aliran darah ditubuh, akan menghasilkan hormon melatonin yang bisa membuat merasa kantuk.
  8. Berdoa sebelum tidur. Selain ucapan syukur kepada Tuhan, kita akan merasa lebih tenang.

Atau bisa juga dengan melakukan  terapi perilaku Terapi perilaku yang dapat dilakukan , antara lain:
  1. Stimulus control therapy, Yaitu :Terapi ini bertujuan menciptakan lingkungan yang mendukung proses tidur.
  2. Cognitive therapy, Dalam terapi ini, pasien belajar untuk berpikir positif dan memiliki keyakinan positif mengenai tidur.
  3. Sleep restriction, Waktu di ranjang dibatasi untuk menjaga tetap terlelap.


Beberapa teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi dapat membantu untuk tidur. Olahraga yang dilakukan di pagi hari juga membantu mengurangi stres dan mendapat tidur yang lelap.

Pengobatan di atas mungkin tidak cukup, sehingga insomnia dapat ditangani dengan pemberian oibat-obatan. Umumnya obat-obatan diberikan saat penyebab insomnia diketahui, menimbulkan gangguan dalam kegiatan sehari-hari, dan sudah dilakukan terapi perilaku dengan benar.

Selain itu, Perubahan gaya hidup yang baik dapat membantu mengurangi insomnia, anatara lain:

Pada malam hari:
  • Ranjang hanya digunakan untuk tidur dan berhubungan seksual
  • Menggunakan jadwal tidur dan bangun yang rutin
  • Tidak makan dan minum yang banyak sebelum tidur
  • Menciptakan lingkungan yang mendukung tidur, berupa sejuk, gelap, dan nyaman
  • Menghindari bunyi berisik yang mengganggu sepereti kipas angin.


Pada siang hari:
  • Mengkonsumsi sedikit atau tidak sama sekali kafein;
  • Menghindari alkohol dan nikotin terutama menjelang tidur;
  • Olahraga tapi tidak dalam 3 jam sebelum tidur;
  • Menghindari tidur siang pada sore hari.

Selain sebagai cara untuk mencegah insomnia, langkah-langkah di atas bisa Anda terapkan sebagai metode pengobatan insomnia di rumah tanpa harus pergi ke dokter. Apabila insomnia tetap terjadi setelah tips tersebut dijalani, maka sebaiknya Anda menemui dokter. Next



Tidak ada komentar:

Posting Komentar